Narkoba Sebabkan Perilaku Kekerasan

Psikologi / 2 February 2013

Kalangan Sendiri

Narkoba Sebabkan Perilaku Kekerasan

daniel.tanamal Official Writer
3851

Kasus kekerasan banyak terjadi dalam sebuah hubungan antar pasangan dan juga didalam rumah tangga. Banyak hal menjadi pemicunya. Menurut Psikolog Klinis & Forensik Kasandra Putranto penyebab tindak kekerasan terjadi bukan hanya faktor emosi atau sifat temperamental.

"Seseorang melakukan kekerasan karena adanya sebuah distribusi kekuatan yang tak seimbang. Kekuatan ini bisa artinya kekuatan fisik. Misalnya yang laki-laki kuat perempuan lemah," ujarnya seperti dirilis wolipop, Rabu (31/01).

Dalam kasus seorang pria yang dominan melakukan kekerasan beberapa faktor seperti jabatan pun berpotensi membuat seseorang menyakiti pasangannya secara fisik atau psikis. "Ketika seseorang punya jabatan, kekuatan, finansial yang lebih tinggi dari pasangannya, dia bisa memanipulasi kekuasaan itu sehingga terjadi kekerasan dalam hubungan. Dia punya sesuatu yang lebih besar dari yang lain sehingga merasa berkuasa," ungkapnya.

Selain itu kekerasan juga dipicu oleh gangguan kepribadian, trauma masa lalu, alkoholisme hingga penyalahgunaan narkoba. Karena itu sungguh penting untuk mendidik setiap pribadi sejak dini karena menurut Kasandra setiap orang adalah produk dari 'pabrik manusia'. Keluarga yang paling bertanggungjawab membentuk kepribadian seseorang. "Tentu saja keluarganya harus yang bertanggungjawa memberikan contoh kasih sayang. Itu harus disarankan sejak dini dan dilatih terus," tutupnya.

 

 

Sumber : wolipop
Halaman :
1

Ikuti Kami